TERIMAKASIH SUDAH MAMPIR DI BLOG SAYA JANGAN LUPA BERI KOMENTAR DI BAWAH

Sunset jogja, Jurus Memotret sunset

 Sunset jogja, Jurus Memotret sunset

Teknik Fotografi - Foto atau potret sunset seharusnya terlihat sedikit gelap bukan? tetapi jika Sobat memotret sunset atau matahari tenggelam menggunakan mode Aperture Priority, atau bahkan Mode Program, maka kamera akan sebisa mungkin mencoba memberikan hasil foto dengan exposure yang "benar", dengan kata lain Sobat akan mendapati foto sunset yang lebih terang layaknya Satu - Dua jam sebelum matahari tenggelam. Salah satu kekurangan kamera kita adalah: mereka tidak tahu subyek/obyek yang dipotret.











Jika Sobat mengalami kejadian diatas, jangan takut ada satu trik fotografi yang bisa Sobat gunakan yaitu: Exposure Compensation. Trik ini bisa memaksa kamera untuk mengambil foto yang lebih gelap. Memotretlah dengan menggunakan Mode Program (P - Nikon, Canon), fokuskan pada bagian sunset (awan di sebelah kiri atau kanan matahari yang sedang tenggelam), tekan tombol shutter setengah! Lihat pada viewfinder kalian! dan lihatlah f-stop dan shutter speed yang dipilih oleh kamera kalian (contoh: f/8 dengan 1/200 detik). Ingat kombinasi aperture dan shutter tesebut!

Langkah berikutnya adalah pindah pengaturan ke mode Manual (jangan panik.. mudah kok pengaturannya :D) . Set Aperture dan shutter speed yang sama saat menggunakan Mode Program: Aperuter f/8 dan shutter speed 1/200, untuk shutter speed biasanya hanya dituliskan dengan angka 200 dan bukan 1/200. nah tugas Sobat adalah membuat langit tampak lebih gelap, untuk itu sobat cukup merubah f-stop atau aperture dari f/8 ke f/11 dan potretlah!

Hasil foto akan lebih gelap dibandingkan saat kalian memotret dengan Mode Program atau Mode aperture Priority :) dan tentu foto sunset kalian akan tampak jauh lebih baik. masih kurang gelap? cobalah f/14 or f/16! Selamat bereksperimen Sobat!! :) 

Penulis : sahabat kamera jogja ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Sunset jogja, Jurus Memotret sunset ini dipublish oleh sahabat kamera jogja pada hari Selasa, 10 Juni 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Sunset jogja, Jurus Memotret sunset
 

0 komentar:

Posting Komentar

diooda